8 Raperda Baru Akan Dibahas Dewan
Selasa, 18 Desember 2012 14:00:00 8 Raperda Baru Akan Dibahas Dewan

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com -
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro berencana membahas delapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Pembahasan baru akan dimulai besok, Rabu (19/12/2012).

Pembahasan ini dinilai banyak pihak terlambat. Karena sudah menjelang akhir tahun. Namun, para wakil rakyat membantah tudingan itu. "Kan memang Badan Musyawarah baru menjadwalkan besok," kata anggota dewan, Lasuri.

Dirinya juga mengaku bahwa telah melakukan pembahasan sejak Minggu (16/12/2012). Pembahasan ini dilakukan bersama Dirjen Tata Ruang Kementerian PU di Jakarta.

Dalam pembahasan tersebut, kata politisi asal PAN ini bahwa Perda RTRW sesuai dengan undang-undang tidak diperbolehkan dilakukan perubahan sebelum kurun waktu lima tahun. Sebab, agar ada keteraturan dan ketertiban dalam pembangunan.

"Kecuali jika terjadi bencana alam misalnya, tentu memang undang-undang ini menurut saya ada kelemahannya," katanya.

Selain itu, ia mencontohkan jika di Bojonegoro ditemukan lagi sumber minyak yang luar biasa tentu tidak bisa serta merta dilakukan eksplorasi dengan cepat. Karena tidak terkandung dalam rencara tata ruang di Bojonegoro.

"Sekarang implikasinya tentu perda-perda RrdTRK harus singkron dengan perda RTRW, daerah, provinsi dan Bappenas," ucapnya.

Sebagaimana diketahui untuk pembahasan delapan Raperda ini sudah dibentuk empat pansus. Yakni, untuk Pansus I akan membahas mengenai Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) Kecamatan Kota dan Kapas. Pansus II akan membahas mengenai RDTRK Kecamatan Ngasem dan Kalitidu. Pansus III akan membahas pembentukan lembaga penyiaran publik lokal radio malowopati, perizinan dan rekomendasi. Serta pansus IV akan membahas mengenai rencana pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Bojonegoro tahun 2005-2025.[ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Minggu, 15 Mei 2016 10:00:13 Gerakan Bojonegoro Menulis Gerakan Bojonegoro Menulis
    Perkembangan ekonomi Kabupaten Bojonegoro cukup pesat. Hal itu tak lepas dari produksi minyak di Blok Cepu yang mencapai puncak 165.000 barel perhari (bph). Ladang Blok Cepu berada di wilayah selatan Bojonegoro. Industri migas itupun berdampak di bidang lain, mulai sosial, politik, pariwisata, dan pendidikan.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Senin, 13 Juni 2016 16:30:00 Kartar Desa Jampet Gelar Bazar Ramadan Kartar Desa Jampet Gelar Bazar Ramadan
    Bulan suci Ramadan adalah bulan yang penuh ampunan, juga bulan penuh berkah. Maka dari itu, Karang Taruna (Kartar) 'Setya Karya' Desa Jampet menyambut bulan suci Ramadan dengan progam 'Bazar Ramadan dan Santunan idul fitri anak yatim'.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...