8 Raperda Baru Akan Dibahas Dewan
Selasa, 18 Desember 2012 14:00:00 8 Raperda Baru Akan Dibahas Dewan

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com -
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro berencana membahas delapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Pembahasan baru akan dimulai besok, Rabu (19/12/2012).

Pembahasan ini dinilai banyak pihak terlambat. Karena sudah menjelang akhir tahun. Namun, para wakil rakyat membantah tudingan itu. "Kan memang Badan Musyawarah baru menjadwalkan besok," kata anggota dewan, Lasuri.

Dirinya juga mengaku bahwa telah melakukan pembahasan sejak Minggu (16/12/2012). Pembahasan ini dilakukan bersama Dirjen Tata Ruang Kementerian PU di Jakarta.

Dalam pembahasan tersebut, kata politisi asal PAN ini bahwa Perda RTRW sesuai dengan undang-undang tidak diperbolehkan dilakukan perubahan sebelum kurun waktu lima tahun. Sebab, agar ada keteraturan dan ketertiban dalam pembangunan.

"Kecuali jika terjadi bencana alam misalnya, tentu memang undang-undang ini menurut saya ada kelemahannya," katanya.

Selain itu, ia mencontohkan jika di Bojonegoro ditemukan lagi sumber minyak yang luar biasa tentu tidak bisa serta merta dilakukan eksplorasi dengan cepat. Karena tidak terkandung dalam rencara tata ruang di Bojonegoro.

"Sekarang implikasinya tentu perda-perda RrdTRK harus singkron dengan perda RTRW, daerah, provinsi dan Bappenas," ucapnya.

Sebagaimana diketahui untuk pembahasan delapan Raperda ini sudah dibentuk empat pansus. Yakni, untuk Pansus I akan membahas mengenai Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) Kecamatan Kota dan Kapas. Pansus II akan membahas mengenai RDTRK Kecamatan Ngasem dan Kalitidu. Pansus III akan membahas pembentukan lembaga penyiaran publik lokal radio malowopati, perizinan dan rekomendasi. Serta pansus IV akan membahas mengenai rencana pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Bojonegoro tahun 2005-2025.[ana/ang]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Rabu, 11 Maret 2015 13:00:14 Redaksi Minta Maaf atas Kesalahan Penulisan Item
    Sehubungan dengan kesalahan penulisan item pada berita kasus dugaan pemukulan yang dilakukan Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri Atas (SMAN) Sugihwaras, Ali Sufyan kepada dewan guru setempat, kami Redaksi blokBojonegoro.com meminta maaf kepada pihak yang merasa dirugikan atas kesalahan ini.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...