Tahun Ini Politeknik Negeri Terima Mahasiswa
Kamis, 31 Mei 2012 17:00:05 Tahun Ini Politeknik Negeri Terima Mahasiswa

Reporter : Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro sebentar lagi memiliki Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berencana mendirikan PTN di bidang teknik, yakni Akademi Komunitas Politeknik Bojonegoro.

PTN ini rencananya berada di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander. Keberadaan Politeknik ini untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Bojonegoro. Terlebih saat menjelang produksi puncak minyak di Blok Cepu.

”Rencananya tahun ini sudah menerima mahasiswa baru,” tegas Ketua Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Akademi Komunitas Poltek Negeri, Yudi Pramono di sela-sela acara audensi dan pertemuan dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) di ruang Batik Madrim Pemkab Kamis (31/05/2012). Dalam pertemuan itu hadir dari Dikti Muhamad Milchan, Harianto, dan Ainur Fadhila.

Izin pendirian PTN ini direncanakan keluar pada Juni 2012 mendatang setelah dilakukan studi kelayakan. Mahasiswa baru pada tahun pertama ditarget mencapai 1.000-2.000 mahasiswa.

Saat ditanya terkait jaminan setelah mereka lulus, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan IT Bojonegoro ini mengungkapkan bahwa keberadaan PTN pertama di Bojonegoro ini tidak hanya untuk industri migas. Namun juga kebutuhan industri-industri lain di kabupaten Bojonegoro. Sehingga kesempatan memperoleh pekerjaan lebih besar. “Namun juga harus didukung dengan kualitas oleh dirinya sendiri," imbuhnya.

Dalam perencanaan ini, Pemkab juga merekomendasikan kepada 48 industri yang ada di Bojonegoro untuk membantu dalam hal rekrutmen tenaga kerja dari lulusan poltek ini. “Harapannya industri-industri yang ada bisa mencari tenaga kerja dari akademi komunitas ini," kata Budi.

Untuk memudahkan pelaksanaan proses belajar, sebelum gedung seluas 7,5 hektare selesai dibangun, mahasiswa baru akan ditampung di beberapa SMK di Bojonegoro.

Poltek negeri ini sendiri punya enam jurusan yang akan dibuka pada tahun pertama yakni teknik pertambangan, teknologi pengolahan hasil pertanian, teknik informatika, teknik mesin otomatif, pariwisata dan komputer akutansi. [ana/ang]

Teks foto/Riska Irdiana: rapat peembahasan Politeknik dengan pihak Dikti

Komentar Pembaca
  • Kamis, 31 Mei 2012 18:32:51 Jomantoro
  • Ziiipppp, inilah yg di tunggu2 masyarakat bgoro. Selama ini dunia pendidikan terutama perguruan tinggi di jatim hanya dikuasai MSJ(Malang, Surabaya dan Jember). Pdhal bgoro berpotensi besar jika jd kota pendidikan karena letaknya strategis, di samping ibukota eks karesidenan juga berada di perbatasan jatim-jateng. Ziiiipppp tenaaaan.

  • Minggu, 03 Juni 2012 19:01:31 yusuf
  • tingkatkan kualitas pendidikan di bojonegoro pasti SDM akan berkualitas dan wilayah kab.bojonegoro akan menjadi jauh lebih maju

  • Senin, 04 Juni 2012 19:33:55 khoirul
  • gan.... tmpt pndftaranxa di 5na? tlo9 info PMBnya dong...

  • Selasa, 05 Juni 2012 11:21:20 Puji Iswanto
  • Kota di Indonesia yang memiliki PTN akan lebih dikenal, dan sangat berpengaruh meningkatkan kulitas hidup masyarakat. Salut untuk Pemkap Bojonegoro.Walaupun saya kuliah di Jakarta, sebagai putra asli Bojonegoro saya sangat bangga dengan adanya berita ini. Sekali lagi Salut!

  • Selasa, 12 Juni 2012 18:55:31 Arik
  • Untuk informasi pendaftaran dmna >???

  • Rabu, 20 Juni 2012 00:36:27 Ita Wulandari
  • siipppp.... aku setuju banget, biar BJN lebih maju. cocok juga karena aku tahun depan lulus kuliah informatika jadi bisa nglamar buat jadi dosen di situ... heheheee :P

  • Rabu, 20 Juni 2012 09:43:06 DHANY PRATAMA
  • tolong informasi dan tolong di publik kan ya.... saya bangga akan bjongro yg akan mendirikan sekolah politekhnik.... saya yakin minat dan keinginan masayarakat bnyak yg ingin bersekolah d sana.. karena tempat yg strategis ...

  • Selasa, 10 Juli 2012 22:12:31 zakta
  • kang gmn cara pendaftarannya? tolong diposting ya.

  • Minggu, 15 Juli 2012 21:22:03 kantonk
  • good kalau begitu kesempatan krj untuk putra daerah sanggat besar..........

  • Sabtu, 28 Juli 2012 11:33:38 wawan nur hamzah
  • tolong kasih info yang jelas kpn duka pndftranx? tempat pendaftarannya di mna?

  • Selasa, 31 Juli 2012 20:42:51 Aryanti Sekar Wahyu
  • Dimana Pendaftarannya? Dan Kapan Pendaftaran Berakhir??

  • Rabu, 01 Agustus 2012 07:46:21 elyana cyntia
  • cara daftarnya gmana?

  • Senin, 20 Agustus 2012 11:53:43 lina kusuma
  • kapan pendaftaranya. apa syarat pendaftarannya? saya ingin daftar disini.

  • Senin, 20 Agustus 2012 11:55:17 lina kusuma
  • syarat pendaftarannya bagaimana? dan kapan pendaftarannya?

  • Senin, 20 Agustus 2012 11:56:35 lina kusuma
  • syarat pendaftarannya apa ya? kapan pendaftarannya. tlg di share juga ya.

  • Rabu, 29 Agustus 2012 06:27:42 abidin
  • ad dftr susulan gk??? soalny kmrn mw dftar gk jdi, krn udh tes???

  • Rabu, 29 Agustus 2012 12:36:53 afrizal
  • assalamualaikum pak.... pak saya afrizal rizqika mulya masalah tadi bisa d pertimbangkan lagi gak pak . nama saya tdk tercantum d data padahal sy ikut tes . dan saya milih jurusan teknik otomotif . terima kasih

  • Selasa, 25 September 2012 13:12:51 edi
  • coba kalo dah dari dulu ada... pasti bojonegoro tambah matoh....

  • Jumat, 30 November 2012 00:01:38 rustaka
  • Baguslah tp bs jamin gk lulusan smk migas bjn yg nb pnh bkrja 3thn di pershn tmbg non migas masuk politeknik ini?lagian ke geologian lbh laku di dunia tambg drpda prtmbgan itu sndri . Untuk soal pminyakan bjn masih pakaii sistim ring dmna hnya d ambil per desa yg d lalui pipa minyk itu sndri . Kalau bs bjngro totalitas untuk sdm dan sda nya. Ty

  • Minggu, 20 Januari 2013 12:31:41 alvin claudy
  • BOJONEGORO MAAAATOOOOHHHHHHHHHHH.....(y)

  • Minggu, 03 Februari 2013 09:50:51 verizky N
  • poltek bjn gak briefing ke seklah" kah?? nii akuu menantii brifingnya.... pengen tau smua yg ada dipoltek.. akuu mau kuliah dipoltekkk

  • Kamis, 07 Maret 2013 19:31:09 LUCKY DEWANI.C.A
  • Kpan Bjonegoro membuka mahasiswa baru+ gmana nih cara milihh? emengetahuiijurusan yg mw dpilih

  • Kamis, 21 Maret 2013 18:04:32 Risma
  • waw,,,keren bgt,,,bjn makin hari makin sip aja,,,,klo gt q mw kuliah yg bner ah,,,ambil S2 biar bs ngjar informatika dsana,,,, smoga dg d dirikannya kampus poltek d BJN, SDM d Bjn bisa lbh MATOH lagi.... dan juga meningkatkan perekonomian masyrkat asli Bjn,,,saya sangat mendukung dg didirikannya poltek ini,,terlebih lg,,,sy jg tgl d Ngumpak dalem...asli klahiran ngumpak dalem...mkasih pak pemkab... :D

  • Kamis, 30 Mei 2013 13:51:55 ariff
  • gmn cara daftar ya jadi siswa baru

  • Kamis, 18 Juli 2013 10:02:41 Ragil
  • cemungud2.... saatnya menggali potensi daerah...

  • Sabtu, 24 Agustus 2013 07:35:31 dedy
  • syarat pendaftaran dan kpn pendaftran dttp untuk glmbng selnjutnya

Nama Anda :
Email :
Komentar :
Masukkan 6 kode keamanan diatas
Video bB
Kamis, 24 Juli 2014 04:01:21 Festival Oklik di Bojonegoro
Berbagai tampilan unik disajikan peserta Festival Oklik di Kabupaten Bojonegoro. Tampak pejuang Hamas membawa kentongan dan berdoa untuk warga jalur Gaza.
Redaksi
Kamis, 26 Juni 2014 17:00:27 Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga Open Office Tandai Syukuran Ultah bB Media Ketiga
Hari ini, Kamis (26/6/2014), blokBojonegoro Media (www.blokBojonegoro.com dan Tabloid blokBojonegoro) tepat berusia tiga tahun.
Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
Rabu, 23 Juli 2014 21:00:44 STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun STIKES ICSADA Buka Posko Sehat di Depan Stasiun
STIKES ICSADA Bojonegoro membuka Posko Sehat STIKES ICSADA (PSSI) di depan Stasiun Besar Bojonegoro Jl Gajah Mada. Posko yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat tersebut kini ramai dipadati pengunjung, baik pagi, siang maupun malam
Info Tabloid bB
Kamis, 05 Juni 2014 10:06:41 Edisi Migas di Juni 2014
Jelang masa produksi puncak minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ternyata masih menyisakan sejumlah polemik mengenai pembebasan lahan. Dengan tema rubrik Investigasi "Sengketa Lahan Migas" redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengetengahkan liputan ekslusif mengenai perjalanan proses pembebasan lahan. ...