Poltek Bojonegoro, Maksimalkan Lulusan Berketerampilan
Kamis, 31 Mei 2012 23:00:13 Poltek Bojonegoro, Maksimalkan Lulusan Berketerampilan

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Keberadaan Perguruan Tinggi Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro yang rencananya akan berdiri tahun ini, diharapkan dapat menyerap lulusan SMA/SMK maupun MA yang cenderung lebih memilih tak malanjutkan ke jenjang perguruan tinggi pasca lulus.

Sebab, lulusan SMA sederajat masih terhitung minim di Bojonegoro. Selain itu, juga sebagai ajang meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Bojonegoro.

"Ini merupakan jembatan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mumpuni sekaligus media kita dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita selama ini," ujar Bupati Bojonegoro, Suyoto.

Diharapkan pengembangan SDM ini dapat mengubah lingkungan masyarakat dan terwujud manusia yang memiliki nilai tambah di bidang keterampilan.

Sebenarnya, Bojonegoro merupakan wilayah yang memiliki potensi Sumber Daya Alam dan agrobisnis lainnya yang melimpah. Namun, karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat Kota Ledre ini, masyarakat selama ini hanya menjadi penonton. "Sehingga, dengan adanya Poltek ini diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat Bojonegoro," harapnya.

Sementara, untuk program studi di Poltek Negeri pertama yang dimiliki Bojonegoro ini nantinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Menurut Bupati,  pemerintah telah menyediakan lahan seluas 7,5 Hektar (Ha) untuk Poltek Bojonegoro dan akan menyiapkan anggaran untuk mendukung kegiatan ini.

Pendirian Akademi Komunitas Poltek Negeri Bojonegoro ini juga melibatkan beberapa pihak sesuai dengan program studi yang direncanakan. "Ini sangat penting, karena Poltek ini nantinya jauh berbeda dengan akademisi lain. Yakni mengutamakan keterampilan dan kecakapan mahasiswanya," tandasnya.

Selanjutnya, kerjasama ini diharapkan dapat dituangkan dalam bentuk Memorium of Undestanding (MoU) bersama antara beberapa pihak. Ditambahkan, bahwa Poltek tidak harus mencari lulusan yang banyak jika tidak diimbangi dengan peluang kerja sesuai dengan kebutuhan yang ada di daerah.

"Ini menjadi teramat sangat penting, untuk diperhatikan karena jangan sampai dengan adanya Poltek ini malah akan menciptakan orang-orang yang  berkemampuan tapi masih pengangguran," ujarnya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Senin, 20 April 2015 19:30:19 Inilah Daftar Donasi Masuk untuk Kang Masnoen
    Di bawah ini daftar donasi yang telah masuk kepada tim bloKers (Pembaca Setia blokBojonegoro Media dan Sahabat Masnoen), baik yang ditransfer atau yang diserahkan langsung ke kantor blokBojonegoro Media.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 25 April 2015 21:00:48 Uji Ketangkasan MI Muntafa'ul Ulum Gelar ODMG Uji Ketangkasan MI Muntafa
    Untuk mengisi waktu usai melaksanakan Ujian Ma'arif dan Ujian Akhir Sekolah, 28 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muntafa'ul Ulum, Desa Ngemplak, Kabupaten Bojonegoro mengikuti kegiatan Outdoor Management Games (ODMG), Kamis (23/4/2015) lalu.
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...