Poltek Bojonegoro, Maksimalkan Lulusan Berketerampilan
Kamis, 31 Mei 2012 23:00:13 Poltek Bojonegoro, Maksimalkan Lulusan Berketerampilan

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Keberadaan Perguruan Tinggi Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro yang rencananya akan berdiri tahun ini, diharapkan dapat menyerap lulusan SMA/SMK maupun MA yang cenderung lebih memilih tak malanjutkan ke jenjang perguruan tinggi pasca lulus.

Sebab, lulusan SMA sederajat masih terhitung minim di Bojonegoro. Selain itu, juga sebagai ajang meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Bojonegoro.

"Ini merupakan jembatan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mumpuni sekaligus media kita dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita selama ini," ujar Bupati Bojonegoro, Suyoto.

Diharapkan pengembangan SDM ini dapat mengubah lingkungan masyarakat dan terwujud manusia yang memiliki nilai tambah di bidang keterampilan.

Sebenarnya, Bojonegoro merupakan wilayah yang memiliki potensi Sumber Daya Alam dan agrobisnis lainnya yang melimpah. Namun, karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat Kota Ledre ini, masyarakat selama ini hanya menjadi penonton. "Sehingga, dengan adanya Poltek ini diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat Bojonegoro," harapnya.

Sementara, untuk program studi di Poltek Negeri pertama yang dimiliki Bojonegoro ini nantinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Menurut Bupati,  pemerintah telah menyediakan lahan seluas 7,5 Hektar (Ha) untuk Poltek Bojonegoro dan akan menyiapkan anggaran untuk mendukung kegiatan ini.

Pendirian Akademi Komunitas Poltek Negeri Bojonegoro ini juga melibatkan beberapa pihak sesuai dengan program studi yang direncanakan. "Ini sangat penting, karena Poltek ini nantinya jauh berbeda dengan akademisi lain. Yakni mengutamakan keterampilan dan kecakapan mahasiswanya," tandasnya.

Selanjutnya, kerjasama ini diharapkan dapat dituangkan dalam bentuk Memorium of Undestanding (MoU) bersama antara beberapa pihak. Ditambahkan, bahwa Poltek tidak harus mencari lulusan yang banyak jika tidak diimbangi dengan peluang kerja sesuai dengan kebutuhan yang ada di daerah.

"Ini menjadi teramat sangat penting, untuk diperhatikan karena jangan sampai dengan adanya Poltek ini malah akan menciptakan orang-orang yang  berkemampuan tapi masih pengangguran," ujarnya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Minggu, 03 Januari 2016 07:55:20 Uniknya Balap Ulat di Tuban
    Balap sepeda atau balap merpati sudah menjadi hal yang lumrah dan sering kita jumpai. Namun perlombaan satu ini mungkin satu-satunya yang pernah ada di dunia, yaitu balap ulat daun jati. Lomba Unik itu diadakan masyarakat Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan hutan.
    Redaksi
    Jumat, 04 Desember 2015 13:30:00 Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB Crew Sinergi Kunjungi Kantor Redaksi bB
    Crew Media Kampus Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan(IKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bojonegoro, Sinergi mengunjungi kantor Redaksi blokBojonegoro Media (tabloid blokBojonegoro & blokBojonegoro.com) di Jalan MT Haryono, Ruko Permata Jetak No. 5A Bojonegoro, Jumat (4/12/2015).
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 06 Februari 2016 21:30:13 Diskusi OBOR PAC GP Ansor Gayam Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi
    Ramainya faham-faham radikal yang berkembang di masyarakat, dan adanya seruan dari ketua PBNU KH. Said Aqil Siroj, bahwa Indonesia dalam keadaan darurat wahabi. Hal itu mendorong sahabat-sahabat PAC GP Ansor Gayam dalam kegiatan kajian rutin OBOR (Obrolan Bareng Ansor), yang secara spesifik mengusung tema 'Mengupas Ekstrimisme Faham Wahabi dan Tantangan Bagi Kaum Nahdliyin' yang bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...