Poltek Bojonegoro, Maksimalkan Lulusan Berketerampilan
Kamis, 31 Mei 2012 23:00:13 Poltek Bojonegoro, Maksimalkan Lulusan Berketerampilan

Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Keberadaan Perguruan Tinggi Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro yang rencananya akan berdiri tahun ini, diharapkan dapat menyerap lulusan SMA/SMK maupun MA yang cenderung lebih memilih tak malanjutkan ke jenjang perguruan tinggi pasca lulus.

Sebab, lulusan SMA sederajat masih terhitung minim di Bojonegoro. Selain itu, juga sebagai ajang meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Bojonegoro.

"Ini merupakan jembatan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mumpuni sekaligus media kita dalam mewujudkan mimpi-mimpi kita selama ini," ujar Bupati Bojonegoro, Suyoto.

Diharapkan pengembangan SDM ini dapat mengubah lingkungan masyarakat dan terwujud manusia yang memiliki nilai tambah di bidang keterampilan.

Sebenarnya, Bojonegoro merupakan wilayah yang memiliki potensi Sumber Daya Alam dan agrobisnis lainnya yang melimpah. Namun, karena keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat Kota Ledre ini, masyarakat selama ini hanya menjadi penonton. "Sehingga, dengan adanya Poltek ini diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat Bojonegoro," harapnya.

Sementara, untuk program studi di Poltek Negeri pertama yang dimiliki Bojonegoro ini nantinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Menurut Bupati,  pemerintah telah menyediakan lahan seluas 7,5 Hektar (Ha) untuk Poltek Bojonegoro dan akan menyiapkan anggaran untuk mendukung kegiatan ini.

Pendirian Akademi Komunitas Poltek Negeri Bojonegoro ini juga melibatkan beberapa pihak sesuai dengan program studi yang direncanakan. "Ini sangat penting, karena Poltek ini nantinya jauh berbeda dengan akademisi lain. Yakni mengutamakan keterampilan dan kecakapan mahasiswanya," tandasnya.

Selanjutnya, kerjasama ini diharapkan dapat dituangkan dalam bentuk Memorium of Undestanding (MoU) bersama antara beberapa pihak. Ditambahkan, bahwa Poltek tidak harus mencari lulusan yang banyak jika tidak diimbangi dengan peluang kerja sesuai dengan kebutuhan yang ada di daerah.

"Ini menjadi teramat sangat penting, untuk diperhatikan karena jangan sampai dengan adanya Poltek ini malah akan menciptakan orang-orang yang  berkemampuan tapi masih pengangguran," ujarnya. [ana/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Jumat, 07 November 2014 21:00:35 Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas Reporter bB Juara 1 Lomba Jurnalis SKK Migas
    Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jabamanusasi disabet reporter blokBojonegoro.com. Muhammad A. Qohhar yang memperoleh juara 1.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 15 November 2014 13:00:00 PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF PKBM Handayani Intensifkan Pendidikan Ketrampilan Peserta KF
    Tak kurang dari 50 orang peserta Keaksaraan Fungsional (KF) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Handayani, Baureno mengikuti pelatihan kerajinan tangan berbahan dasar kulit jagung atau kelobot di Desa Kadungrejo, Baureno, Sabtu (15/11). Pelatihan tersebut merupakan program lanjutan dari keaksaraan dasar yang telah selesai dilaksanakan sebelumnya.
    Info Tabloid bB
    Selasa, 01 Juli 2014 09:51:00 Tabloid bB Edisi Juli 2014
    Pada Juli 2014 atau bertepatan bulan dimana koperasi berdiri, awak redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin mengupas bagaimana koperasi menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. Itu sesuai dengan prinsip yang ditanamkan sejak mulai digulirkan. Melalui tema besar di rubrik Investigasi “Koperasi atau Koper Isi” ingin digambarkan secara utuh bagaimana masyarakat disatu sisi terbantu dengan keber ...